Rabu, 15 April 2015

merpati balap

  http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2012/12/06/4287766_20121206024851.jpg

Asal Usul Trah Juara Merpati Balap

SILSILAH  TRAH JUARA MERPATI BALAP SPRINT  INDONESIA

Trah Darah Juara :

  • Khayana, anak Jantan Pelor dari Pak Bandik Madura, ibu misterius, karakter dari Khayana adalah : harus terbang sendiri, kalau burung lawan berhasil gandeng, Khayana pasti kalah, kalau pelepas berhasil melempar mentang, pasti Khayana akan terbang sendiri, sprint dari start sampai ke betina dengan kecepatan di atas rata-rata burung merpati balap manapun yang ada (luar biasa istimewa), cuma masuknya dari 20 m udah melayang seperti kapal.
  • Mama Chelsie, bapaknya anak dari “Anak Manja” milik Pak Saryono Jember, ibunya anak Rekong milik Hok-Lay Jember, mama Chelsie ini masih saudara Micky, burung legendaris tahun 1990-an, dari mama chelsie ini keseluruhan anaknya pernah menjadi burung hebat dan juara, kecuali Olympus, belahan Sinar, dan dari anak-anaknya keluar burung-burung yang malang melintang di arena balapan merpati saat ini. Karakter mama chelsie adalah terbang sprint yang cepat dan tembakan yang dahsyat. Maka kombinasi Khayana dan mama chelsie sampai saat ini belum mampu disaingi kombinasi darah manapun.
  •  Putra Tasik, bapaknya burung tinggian sarlung namanya Singa, dijodohkan dengan betina namanya “ADOK”, adok ini adalah belahan “MAYOR”, mayor anak Khayana burung legendaris 1990an.
  • Rencong, burung legendaris 1998, bapaknya anak Isabela (ternakan Acun Mitra), bapaknya belum sempat dilatih, karena belum ada nama, dipanggilnya Isabela juga, ibunya adalah anak “DRAGON”, dragon sendiri adalah anak Khayana.
  •  Predator, dari DR-8, bapaknya adalah anak dari anak Bintang Agung (Acun Mitra) dengan betina Mama Chelsie.
  • Sang-sang, burung legendaris 1998-2000, ternakan Pak Hasan Yoma, Cirebon, dulu Khayana ada di kandang pak Hasan dijodohkan dg mama chelsie, keluar : Garis, Chelsie, Iguana, Meong, Sang-sang, Putaw, Atlantic, Primadona, Buntung. Sang-sang adalah burung tercepat yang pernah saya temui di arena balap merpati di Indonesia setelah khayana, pada saat sangsang fit atau kerja, burung-burung yang pernah ketemu sangsang rata-rata ditinggal di atas 300 m. Di antara keturunan Khayana yang terbangnya mirip Khayana hanya SANGSANG, muka sangsang mirip Mama Chelsie. Anak dan cucu sangsang banyak yang menjadi juara 1 dan 2 lomba utama nasional, sebut saja Gumilang, Viking, Ababil, Berlian, Colombia atau Kelabang Hitam, Road Star, Singa Muda, Guntur, Gesper (Roy Akas) dll.
  • Leonard, anak dari adik Beatle (burung juara ternakan Acun Mitra) dengan betina CHO kakak Putaw, betina ini adalah ibu dari Reanaged atau RG, KONON waktu diborong Ko Apin dari kandang DR-8, pasangan adik Beatle ini sedang giring, tapi ibunya tidak lama kemudian mati meninggalkan telor Leonard. Anak yang menonjol adalah Singalaga (Leonard X kakak betina Putauw) Putauw sendiri anak dari khayana X Mama chelsie
  • Codet, anak Roda Gila dengan betina darah Sultan (burung legendaris darah Mercynya Wahing-Malang), ternakan Acun Mitra, menurunkan burung dengan karakter sprint dan tembak yang luar biasa.  
  • Dinasty, anak Khayana, saat ini keturunannya sedang In atau ngetrend di arena balap nasional, sebut saja Enduro, Singo Edan, dll.
  • Batavia, ternakan CHO, banyak menurunkan burung juara, sebut saja, Komentator, PSK 66, Tiger Wood dll.
  • Olympus, anak mama chelsie, juga banyak menurunkan burung merpati papan atas, sebut saja Siliwangi, Prothon dll, Ring ALOEN.
  • Monster ( Wardi Bandung),  Monster = Sri rama X Trah predator
      Anak yg berprestasi :
    – New Monster, Bintang Monster, Prada, Prabu, dll
    – Megan Jaya (ada dikandang pak dwi jaladri)
  • Matador (saudara laki2 Monster),   Matador di jodohkan dengan Trah Janoko, keluar anak Hipnotis (muksin).
=====================================================================
Trah “Mama Chelsie” :
Mama chelsie adalah hasil ternakan dari bpk. Ayin (Janoko Team jember) tahun 90-an, Trah dari mama chelsie adalah Trah Nusantaranya NYO Situbondo. Nusantara Nyo mempunyai anak yang bernama Rekong, Rekong sendiri merupakan burung yang fenomal pd tahun 90-an karena setiap pertandingan Galatama rekong burung satu didaftarkan 2 kali dan selalu mendapatkan juara dikedua seri tersebut. Rekong kemudian dijodohkan dengan anak betina anak manja nya Saryono Jember kemudian keluar anak betina dijodohkan lagi dengan burung dari Situbondo warna gambir (Trah Nusantara) yang dibeli dari Suri orang Situbondo, dari kedua burung tersebut lalu keluar MAMA CHELSIE, MICKY nya Achien Semarang, CARECA dan RAMBI PUTRA Hoklay jember burung ini juga belum pernah kalah selama dilombakan. Kemudian MAMA CHELSIE dibawa kebandung yang dapat menurunkan burung – burung jawara hingga saat ini dari MAMA CHELSIE dijodohkan dengan khayana keluar Sangsang, Chelsie, Garis, Cilo, Meong (bp Reformasi, cendana, monalisa), Iguana (Om Kasmaran Juara 1 LU Nas), Primadona, Atlantik, Putauw (terbaik nas 2000, kakek Maharani, buyut Hoki), Buntung (Bp Milenium, JKLM/nenek singalaga, nenek Tiger Wood).
dari CARECA keluar Puma milik Bebeng-Cirebon, Kuda Binal, galak mukul,larinya ngotot, tembaknya luar biasa,diPura pernah keluar Tojaya 1 – Tojaya 4, Cakram, kakek Kelana laser, tahun 1998 pernah juara 1 nasional di Surabaya, Zamorano, burung legendaris milik Kiking, Road King, Bazooka, burung jawara milik Hari Kuswara, Dari perempuan anak CARACA ini rata-rata mengeluarkan shoot dan tembak yang keras, sehingga dijodohkan dengan Khayana, keluar : Kelana 2, Galant,Kelana 3 dll.
Micky pemiliknya Saryono Jember kemudian dibeli Oleh Achien semarang dan merupakan burung yang fenomenal karena sering menjuarai lomba – lomba nasional, sedangkan Rambi putra merupakan burung yang masih diingat oleh penggemar andokan jember karena kecepatan & tembaknya yang keras.. Demikian semoga teman -teman dapat menambah wawasan utk burung trah juara tanah air
=====================================================

Keberadaan Trah MB Juara

NO – NAMA BURUNG – POSISI
1. BATAVIA – MAKITA TEAM (JAKARTA)
2. MONSTER – TERORIS TEAM
3. JAGUAR, GALAXY, PIERO – JAGUAR BIRD FARM(JAKARTA)
4. JOKO PEKIK, JANOKO, DINASTY ILSOGNO(KELAPA GADING)/ PAK KONENG
5. SINGALAGA,FERNANDO, PSK 66,PUTRA MENGGER – TEAM HOKI (BANDUNG)
6. NAGA SAKTI – TEAM SPORTIVO (SRAGEN)
7. JAMAICA, ENDURO, SANGKUR, SINGA AFRIKA – PALEM (TASIK)
8. MATADOR (Bapak Terminator n kakak Monster), PUMA – TEAM FAIR (SEMARANG)
9. MARINA, NADINE – TEAM LEONARD (SEMARANG)
10. PENHAOUSE, HIPNOSTIS – TEAM BATAVIA
11. MARTINI – GATHOTKACA – TEAM FAREL
12. ANCAMAN / BALITUNGAN – TEAM BINTANG (SOLO)
13. SUPERBOY – TEAM FAMILY (SUMEDANG)
14. ALGOJO, NEW MONSTER, B2, PUTRA CPM  – TEAM CPM BANDUNG
15. MAWAR – TEAM ASBETA
16. TORRES, BINTANG CPM/KHARISMA, OBAMA/BINTANG MONSTER – RIZKY THI
17. KELANA 6 / BIG BOSS – TEAM TOPSONG (KLATEN)
18. MEGALAMON – TEAM MICKY (SEMARANG)
29. PUTRA MADURA, TALIBAN – TEAM FERRARI (PALEMBANG)
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBc0bG3pRycKVCgqjgbTyVpVLSNAWeh4gbWTW8fRJOm0FhOZPEHLMqPH7-mzAQFPt30P3C-taNGJeMBIqROBsJqJn_Utkmau5-fxZNBDN-lASwEMOZOVYC5qxNKcNBD-lDemNo6C_XONsL/s320/PIALA+1.jpg
 PBMBSI (Persatuan Burung Merpati Balap Seluruh Indonesia)
 http://cdn.kaskus.com/images/2014/04/01/1349648_20140401031204.JPG

Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Merpati Balap













       Supaya bisa menyediakan jamu tradisional untuk burung merpati balap, sebaiknya harus tahu cara membuat jamu tradisional untuk merpati balap.
Burung merpati merupakan hewan peliharaan yang termasuk paling populer di Indonesia. Burung ini tidak hanya digemari kalangan kecil, tetapi juga masyarakat dari golongan menengah ke atas. Burung merpati atau biasa yang disebut burung dara, dalam pemeliharaannya mempunyai tiga tujuan, yakni : balap, hias, dan konsumsi. Tujuan memelihara burung merpati harus berdasarkan ketiga hal tersebut. Karena masing-masing tujuan menentukan langkah serta manajemen yang sesuai. Merpati balap misalnya, tentu memiliki teknik atau langkah yang berbeda dengan memelihara merpati konsumsi.

Semua burung yang dapat terbang dilengkapi dengan tulang dada yang sangat kuat (sternum) yang memiliki lempengan datar yang lebar, yang disebut lunas, sebagai sambungan otot-otot terbang. Karena burung dirancang untuk tujuan terbang, tulang-tulang mereka berongga dan terbungkus otot-otot. Ototo-otot yang membungkus tulang ini mendukung penerbangan yang menghasilkan keringan luar biasa tanpa mengorbankan kekuatan.
Dalam hal ini, burung merpati mempunyai indera menarik lainnya pula seperti pendengaran seekor merpati mampu mendengar bunyi dengan nada rendah yang tidak mampu didengar oleh manusia juga seekor merpati dapat mengindera getaran di udara namun juga mapu menetukan arah perjalanan mereka dengan mengikuti medan magnet bumi.
Badan burung merpati balap telah diciptakan dengan suatu rancangan khusus yang menghilangkan segala ketidaksinambungan yang mungkin terjadi selama penerbangan. Kepala seekor burung sengaja diciptakan ringan sehingga hewan tersebut tidak condong ke depan ketika terbang : rata-rata, bobot kepala seekor burung adalah sekitar 1 % dari berat tubuhnya. Bentuk bulu-bulunya yang aerodinamik merupakan sifat lain dari sistem keseimbangan pada burung. Untuk bulu, terutama yang berada pada sayap dan ekor, memberi sistem kesimbangan yang sangat tepat bagi burung.
Burung merpati balap tak ubahnya bagaikan seorang olahragawan yang butuh asupan nutrisi yang cukup sejak dini agar terbentuk tubuh fisik yang ideal dan latihan-latihan rutin dan sintetis plus asupan jamu tradisional agar terbentuk otot yang kuat & lentur serta nafas yang panjang dan mental baja agar dapat bersaing di arena balapan yang penuh dengan kompetitor.
Sebagai upaya untuk membuat merpati balap mempunyai otot yang kuat, sehat dan dapat bersaing di arena balap bisa disediakan raacikan jamu radisional untuk diberikan kepada burung balap. Adapun racikan jamu radisional untuk mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh merpati balap diperlukan bahan-bahan, sebagai berikut : 
  • Kuning telur ayam kampung/bebek/entok 3 buah; 
  • Madu alam murni 10 sendok makan; 
  • Kunyit/kunir (tepung) 10 sendok makan; 
  • Kencur (tepung) 5 sendok makan; 
  • Temu kunci 1 ujung jempol(ibu jari); 
  • Umbi rumput teki 5 buah; 
  • Sarang burung walet (tidak mutlak).
Dari bahan-bahan tersebit di atas sudah cukup menyehatkan dan menguatakan serta sebagai anti penyakit (kunyit dan ubi rumput teki. Sedangkan cara membuat jamu radisional, sebagai berikut : 
  • Kuning telur dicampur dengan madu, aduk sampai kental (matang) kalau kuning telur tidak mengental berarti bukan madu murni alias madu palsu; 
  • Temu kunci dibakar kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus; 
  • Kunyit dan kencur jika tidak tersedia bubuk + ubi teki yang dibakar dulu biar steril kemudian ditumbuk sampai halus; 
  • Semua bahan dicampur dengan adonan kuning telur dan madu aduk sampai rata dan kental; 
  • Jemur diterik matahari sampai setengah kering, baru kemudian buat butiran-butiran pil kecil, jemur lagi dan siap sebagai asupan pembalap; 
  • Pada saat merpati tinggian/balap latihan diberikan tiap malam dan dalam kondisi istirahat cukup berikan 2 – 3 hari sekali 1 butir.
Selain racikan jamu tradisional tersebut diatas, merpati balap juga perlu diberi asupan tambahan 2 hari sekali sebelum latihan yaitu tambahan asupan hati laut yang telah dikeringkan secukupnya. Selanjutnya tambahkan seminggu sekali : minyak ikan, vitamin ikan, vitamin A, vitamin B komplek dan vitamin C. Sebagai perhatian, yaitu: hindari bahan yang membuat rasa panas seperti jahe dan lada karena pembalap bisa loyo apalagi jika diasupkan ke betinanya bisa tidak bertelur.

DAFTAR MERPATI JUARA

” DAFTAR  BURUNG JUARA “
“Mohon Maaf Apabila ada kekeliruan….., mohon koreksi dan masukannya”
*******************************
rencong
LEGEND —>>  “RENCONG” – DICK
puma
LEGEND —>>  “PUMA”
Ancaman balitungan
LEGEND  —>>  “ANCAMAN/BALITUNGAN” – ZAMORRANO
BATAVIA
LEGEND  —>>  “BATAVIA” – CHO
(DAKOCAN  X  F1 HALILINTAR)
EKOR PUTIH
LEGEND  —>>  “EKOR PUTIH” – MAKITA
(Anak BATAVIA)
Sang Sang CHO
LEGEND  —>>  “SANG-SANG” – CHO
( Khayana X Mama Chelsie )
Dewi Bumi-CHO. (Khayana x mama Celsi)
“DEWI BUMI” – CHO
( Khayana X Mama Chelsie ) -> adik Sang Sang
Leonard - V&R
Leonard - V&R_2 + koh tekun
LEGEND  —>>  “LEONARD” – V&R
(Anak adik Beatle(Acun Mitra BDG)    X   Betina Kakak nya Putaw(CHO)–>Anak Khayana)

SINGALAGA
LEGEND  —>>  “SINGALAGA” – KARYA
(Leonard x Anak Dinasti (Dinasti x Jklm 233)
“NAGA SALJU” – KARYA
SINGALAGA x Batavia 5 (KARYA)

Singa Afrika
“SINGA AFRIKA” – KARYA
Anak Dinasty(CHO)
jamaica
“JAMAICA”
Anak PREDATOR
Joko Pekik2
“JOKO PEKIK” – KARYA
Ratega (HERMAN T) x P-1152 (PSK 66 x Leonard 99)
JAGUAR - LION 139 PPMBSI 2007
“JAGUAR” – LION
( Toshiba-Kelana laser) X  (Maharani-Singalaga)
PIERO
“PIERO” – OPIK
Galaxy
“GALAXY” – JAGUAR
MEGAN JAYA 02
“MEGAN JAYA” – KINTAKUN
(Anak MONSTER)

RoadStar_BF
“ROAD STAR” – SANGSANG
Anak Berlian(SANGSANG)
FERNANDO
“FERNANDO” – KARYA
Anak BATAVIA(CHO)
BEBETO
“BEBETO” – ILSOGNO
Anak FERNANDO
SERENA
“SERENA” – ILSOGNO
TERMINATOR2
“TERMINATOR” – JNK (JANOKO)
MATADOR X INOVASI 185
JANOKO Jr
“JANOKO. Jr” – JNK (JANOKO)
 ( JANOKO X WAT99)

DINASTY
“DINASTY” – HOKI

2 komentar:

  1. Casino Poker Tournaments, Info & Bonus Offers
    Find all the info you need about 스포츠라이브스코어 the casino poker tournaments 잭팟시티 in your country including latest 슬롯 no deposit 스포츠토토사이트 bonus offers and latest free cash offers 무료 슬롯 머신 from leading

    BalasHapus
  2. Sejarah merpati balap indonesia. Smoga bisa jadi insfirasi para peternak muda lainya... Salam dari petrik bandung

    BalasHapus